Lampung,a one night stand story

one night stand? please, don’t ever you thing about something hard core …

ke lampung? ah biasa, merak, trus nyebrang pake ferry trus sampe deh ke bakauheni. yoi bener banget, sebenernya trip ini sih BIASA banged. tapi apa lu pernah ke sono abis balik kantor, trus sabtu muter2 sampe lampung tengah lewat pesisir timur, dan balik lewat bandar lampung and kalianda, trus cabut lagi ke jakarta minggu subuh2? gw rasa gak semua pernah, well, gw pernah

diawali rencana gw ama sohib PRIDES chapter bekasi a.k.a PATRIOT si vincent untuk trip ke lampung. rencana itu kita wacanakan tahun 2011, tapi baru kesampaian 2012. gak masalah, dari pada gak sama sekali too?
singkat cerita kita merencanakan berangkat tanggal 20 April 2012 malam, sepulang kerja. packing waktu itu hanya menyiapkan kaos 1, celana pendek 1, & CeDe 1. trus bawa jas ujan, sendal jepit, dan kanebo, yang semuanya tersimpan di box givi E45 gw. kita berdua janjian ketemu di depan TVRI senayan, selepas pulang kantor jam 7 malem, tapi ternyata hujan mengguyur jakarta sampai jam 8 malem. barulah kita ketemu sekitar jam 1/2 9, lalu lanjut cari makan malam. sebelum makan malam gw mesti cari ATM & ngisi bensin, bensin dah tiris & lapu petunjuk dah merah. pastinya tuh puteran bensin dah gw geser ke rest. ketemulah pomb bensin di daerah kedoya, gw isi Rp 50.000,-.

ini pas didepan TVRI senayan

narsis duyuu didepan pomb bensin

terus kita lanjut jalan lagi ke daan mogot, gak lama masuk daan mogot kita memutuskan makan disebuah kaki lima pecelan, didaerah kali deres. kenyang, kenyang, kenyang, dan kita siap jalan ke merak. prepare semua siap, kita jalan jam 10 malem dari rumah makan itu. sempet berenti bentar di daerah bitung buat ngambil ATM & beli air mineral serta roti. kita lanjut jalan, terus berenti di pomb bensin serang buat buang air & ngaso bentar. sampe dimerak jam 1 pagi. ternyata rame juga jam segitu yang pada mau nyebrang.

maem pecel lele duyu sebelum jalan ke merak

mari makan …

pincent nyampe di serang

gw juga nyampe gan

nah ini tiket to bakau heni

belilah kita tiket kapal Rp 32.500,- buat pengguna sepeda motor. kapal baru merapat jam 2 pagi, naik..naik..naik. jam 3 baru jalan tuh kapal fery. smooth banget tuh kapal. kita masuk ke ruang AC, ternyata dah pada dibooking. siapa cepat dia dapet pikir mereka mungkin, please deh, banyak lo yg pengen masuk ruang AC jg bukan cm ente2 seorang … selfish rude bloody hell people …
biarpun gw sempet selonjoran bentar, tp gw kan unyuu & baik hati, jadi abs itu gw berbagi tempat jg ama penumpang lainnya. akhirnya kita berdua sempet2in molor bentaran, eh jam blm jam 04:30 subuh ferry dah mulai merapat di pelabuhan bakauheni. siap2lah lagi kita, turun…turun…turun…kita mulai siap2 jalan lagi jam 5’an, sekitar 15mnt kemudian kita jalan lagi.

ini yang kelas ekonomi, asli kena angin laut dijamun masup angin

mayan selonjoran, biarpun bentaran

gear up abis keluar kapal, subuh2 di bakauheni

OK, i’m ready

masih dibakauheni, siap lanjut lintas timur

kita memilih rute lintas timur, karena tujuan kita pertama itu taman nasional way kambas baru naik lagi ke arah lampung tengah seputih raman. jalur dari Bakauheni – Ketapang – Bandar Agung jalannya ga bagus gan, mesti ati2, apalagi kalo gelap2 begono. seru loh jalan subuh2 ditempat lo gak pernah kenal, ada degradasi dari gelap ke terang karena fajar mulai bergerak dengan malasnya. tapi musti ati2, soalnya lo gak kenal jalan. Dari Bandar Agung – Labuhan Maringgai jangan terlena mulusnya aspal, karena ada beberapa titik tiba2 jalan berlubang. sampe di daerah pasir sakti sekitar 07:30, kita ngaso2 bentaran di pomb bensin, selonjoran duyuu gan…

waduh lupa ni gw dimana

nah ini di pomb bensin pasri sakti

nah ini disimpang way jepara, gak jauh lagi nyampe dah  di way kambas

nah ini pintu gerbang masuk, kalo dari jalan raya lintas timur persis dikanan jalan

touch down taman nasional way kambas


dari situ kita lanjut masuk ke kota way jepara, so sweet dah mulai deket nih. gak lama dari situ, sekitar 15 mnt ke utara/ke arah sukadana ketemulah kita
dipintu masuk way kambas (sebelah kanan jalan), tapi masih 7km lagi masuk. siapa sih yang gak kenal way kambas? tapi sungguh sayang disayang, jalan/akses ke sana itu mengecewakan, sedih deh, jalanannya ancur, gw aja males banget, apalagi si gajah. sebelum jam 07:30 kita dah sampe pintu gerbang. hhhmmm, touch down way kabas.
sepiii banget disitu, tiba2 gw disamperin petugas setempat, namanya bung sonny, dikira kita mau masuk ke dalem. soalnya kalo mau masuk mesti tunggu dulu, gajahnya belum bangun, what!!! belum bangun?! bukannya di iklan2 cuma ada prosa “ikannya belum bobo” iya gak?! jam berapa ini? gw aja belom tidur. gajah yang kurang ajar. okelah, kita akhirnya ngobrol2 ama bung sonny ini, baru abis itu satu persatu petugas datang. Tanya ini itu ternyata didalem ada 100 ekor gajah jinak dan 100 pawang. selain gajah juga ada harimau dan badak liar. naik gajah setengah jam 150rb, klo Safari (1 jam) 300rb. pikir..pikir..pikir… gak deh, nongkrong2 ajah didepan, makan ind*mie & ngopi2 duyuuu.
ngobrol2 ama bung sonny, salah satu petugas di way kambas

jam 10’an kita siap2 lagi jalan ke seputih raman, dah laper, pengen mandi, & pengen bobo nih. sebelum 10:30 kita jalan dari way kambas. kembali lagi ke Gapura depan trus belok kanan lewat Sukadana – Batanghari – Raman Utara – Pekalongan.yang pasti tetep banyak lobang. tanya sana-sini, dan sampailah kita di Seputih Raman dari arah pekalongan ketemu perempatan kota Gajah langsung belok kanan, jalan tetep caurrrr.
sampailah kita dirumah sodara temen gw jam11:30, ngaso2, trus ditawarin makan, trus jam 12:00 tidur gan, enyak banget. jam 15:15 gw bangun, trus bangunin temen gw, woi bangun balik gak? mandilah gw duluan, trus makan (lagi). akhirnya, baru jam 17:30 kita baru bener2 jalan, track kita ke bandar lampung lewat gunung sugih. dari situ belok kiri mengarah ke kota Bandar Lampung melewati bandara Radin Intan lurus terus mpe juga pukul 19.30 di simpang Bandar Lampung.

menuju lampung tengah lewat sukadana

nah itu rumah sodaranya si pincent, dan pose kita makan, asli menunya top markotop

nah, kita mandi trus makan (lagi) siap2 dah cabut tuh sorean

putu2 narsis disekitaran seputih raman

yoi, itu monumen lambang lampung tengah, tepatnya di gunung sugih

simpang bandar lampung

sepertinja cuaca tidak mendukung & kita butuh tempat yg bener2 nyaman, kita putuskan untuk melanjutkan perjalanan, rutenya lewat Pelabuhan Panjang – Daerah sidomulyo – Kalianda – Bakauheni. disekitar sidomulyo itulah kita ngaso2 & dinner. lama banget dah disono, enak suasananya. terus lanjut lagi, sampai juga pukul 23.30 WIB di daerah Kalianda 13 km dari Bakauheni melipir di pom Bensin. ngupi enak nih.

si pincent ngopi, gw cukup nge’cass ama minum vitamin C aja ama selonjoran

sampailah kita disimpang bakauheni sekitar jam 00:00, hhmm terimakasih lampung, see you again. masuk pelabuhan kali ini kita langsung naik, karena kapal dah siap meluncur. bedanya nih ferry ruang AC’nya kudu bayar Rp 5.000- ferry yang aneh. sebelum jam 12:30 jalanlah kita, dan coba tidur sejenak. jam 02:30 gw dah dibangunin, katanya kapal mau merapat di merak. wow, pulau jawa gan. jam 03:00 kita gear up dan mulai jalan lagi, sungguh sepi, dan bertarung dengan ancurnya jalan, yang seharusnya bisa diperbaiki. jam 04.50 kita putuskan untuk istirahat sejenak kembali di POM Bensin, menurut google latitude gw, kita lagi di jayanti. bentaran lagi masuk tangerang nih. ok, lanjut lagi, bener aja, masuk lah kita ke tangerang, langsung jakarta lewat daan mogot. wewww, ngantuk banget dijalan, beneran deh, pokoknya dijalan tuh gw usahain tetep melek, capek sih, tapi seneng.

good bye lampung, see you again …

yup, suasana ferry + dangdut koplo

pake google map OK, pake map manual buatan sendiri juga OK

sekitar jam 05:50 sampailah kita di pomb bensin kapin, kali malang. salam perpisahan duyu ama brader pincent, kan doi rumahnya kapin, gw masih kedepan dikit, pondok kelapa. well, jam 06:00 minggu pagi tanggal 22 April 2012 gw sampai dirumah. cuci muka, makan terus tidurrrrr….
thanx berat bro, sebuah perjalanan yang menyenangkan

kesimpulan perjalanan gw:
1. mau ke merak ato anyer? saran gw jalan malem, sepi & jauh dari macet. tapi waspada, ancur tuh jalannya
2. total biaya gw itu
Rp 50.000,- premium (jakarta-merak-muter2 lampung-serang), trus isi lagi Rp 35.000,- itu juga bertahan lama gan
ferry, Rp 32.500,- berangkat & Rp 32.500,- balik + Rp 5.000,- buat ruang AC.
makan mah sekiranya selera masing2 aja dah
3. kenapa jalanan/jalur yang notabene menghasilkan pendapatan bagi pemda setempat kok ya gak keurus, gak kasian sama pengguna yaa?
4. pesan buat gajah2, semoga lo disana sehat2, makan cukup, buang hajat gak seret, gak keganggu jg ama pasangan ababil yg memilih bermesraan di hutan kawasan penangkaran gajah (serius sob, ada loh yg bgt)

abis dah cerita gw, see you next trip yaww…
mohon maaf kalo ada salah kata & salah nama, maklum nubie gan

dan sepertinya palembang bakal jadi tujuan seru berikutnya

KAPAN MAU KEMANA KITA???

2 comments on “Lampung,a one night stand story

Leave a Reply

